Malam bradsis, coba sharing artikel ya, tips ganti kampas kopling sendiri. Berawal dari iseng-iseng pengen bongkar mesin, kebetulan si Pulpzzof Blackcurrant udah ada gejala slip kopling, jalan nanjak si Pulpzzof malah meraung, tapi ga mau lari, sungguh kasihan sekali kamu nak .
Jujur, untuk urusan mesin saya ga punya pengalaman sama sekali sebelumnya, bermodalkan YouTube, artikel-artikel lain, dan nekat tentunya. Nah, Senin kemarin, dibongkar lah mesin bagian kanan si Pulpzzof, sebelumnya tentu oli harus dibuang dulu dari lubang pembuangan oli. Selanjutnya siapkan kunci 9 dan obeng + untuk membuka blok mesin kanan dan cover dinamo starter. Setelah terbuka, ternyata dibutuhkan tools khusus untuk membuka baud kampas kopling ini. Cari info sana sini nama tools nya apa, sempet langsung cari ke salah satu retailer terkemuka yang jual part2 motor dan perkakas nya, saya tanya, "ada kunci pembuka kampas kopling?" "Owh treker," sayangnya ga ada.
Googling lah dengan keyword " Treker kopling Pulsar," dan ternyata memang ada yg jual di beberapa market place, rentan harganya 70rb - 90rb, namun dikarenakan tidak mengetahui ukuran nut Pulsar, takut salah beli, belanja online pun diurungkan.
Googling lah dengan keyword " Treker kopling Pulsar," dan ternyata memang ada yg jual di beberapa market place, rentan harganya 70rb - 90rb, namun dikarenakan tidak mengetahui ukuran nut Pulsar, takut salah beli, belanja online pun diurungkan.
Googling again, dapet artikel bagus ada yang buat dari kunci shock 17 yg dibentuk sedemikian rupa. Oke langsung ditiru, buat mal pake kertas, terus digambar deh bentuk nut nya.
Tapi perjuangan mencari tukang bubut tidak berhasil, dikarenakan penulis yang masih nguli dari Senin - Jum'at, baru pulang jam 5an, rata-rata tukang Bubut udah tutup kali ya jam segitu. Akhirnya sayapun mengurungkan niat untuk membuat treker sendiri.
Tapi perjuangan mencari tukang bubut tidak berhasil, dikarenakan penulis yang masih nguli dari Senin - Jum'at, baru pulang jam 5an, rata-rata tukang Bubut udah tutup kali ya jam segitu. Akhirnya sayapun mengurungkan niat untuk membuat treker sendiri.
Akhirnya hari ini, Sabtu, setelah si Pulpzzof terlantar hampir seminggu, saya menemukan kunci tersebut. Jadi namanya adalah kunci mahkota atau double crown socket, mereknya Multipro, harganya ga terlalu mahal cuma 45 ribu rupiah saja. Temen-temen yang daerah Bandung bisa cari di Cicadas, ada toko perkakas gitu.
Jadi sekali lagi, nama baut untuk kampas kopling ini adalah baut mahkota, ukurannya 26mm. Tools pembukanya adalah kunci mahkota, coba cari di toko perkakas, pasti ada.
Selanjutnya dibongkarlah si Pulpzzof Blackcurant (Pulsar 220). Jeroannya seperti ini
Hati-hati saat melepaskan kampas kopling, jangan sampai rumah kopling ikut tercabut, karena kalau sampai tercabut bisa berabe, harus setting balancer lagi.
Kemudian ini urutan dari kampas koplingnya. Jadi kampas kopling yang digunakan adalah subtitisi menggunakan kampas kopling RX-Z mereknya CLD harganya sekitar 120 ribuan kalau tidak salah. Kita lihat di gambar pertama saya menggunakan kampas kopling bawaan, karena memang yang ini bentuknya sedikit berbeda. Perlu diketahui kampas yang ini memang jarang aus sih sudah tiga kali penggantian kampasnya masih belum aus :D. Urutannya adalah plat yang bentuknya lebih kecil dua biji - kampas kopling bawaan- plat kopling-kampas kopling-plat-kampas-plat-kampas-plat-kampas-plat-kampas-penutup, maaf ya nama-namanya kurang ilmiah :D
Seperti yang saya lihat kalau misalnya ganti kopling di bengkel-bengkel, kampas kopling terlebih dahulu dilumuri oleh oli, tujuannya agar kamplas terlumasi dengan baik sebelum kampas ini beroprasi.
Jangan lupa kerak-kerak yang menempel pada rumah kopling dan filter oli dibersihkan juga
Selanjutnya setelah dirakit sesuai dengan urutan yang saya jelaskan diatas masukan kembali plat kopling ke rumah kopling.
Catatan Penting:
- Alat pembuka plat kopling adalah Kunci Mahkota ukuran 26mm atau treker kopling
- Untuk membuka baut mahkota kopling berbeda dengan baut-baut pada umumnya, yaitu arah membuka adalah searah jarum jam.
- Baut Mahkota filter Oli ukuran sama 26mm, namun arah drat sama dengan baut pada umumnya.
- Jangan lupa setiap baut selalu ada ring, jangan sampai hilang ya.
- Terakhir bearing plat, tonjolannya mengarah keluar ya.
Semoga bermanfaat.
- Salam Pulsar Little Family-
Bonus: Vlog Tutorial Gagal
Pa kabar bosku pada saat kopling di tekan gigi tetap masuk gimana solusinya thank,s
BalasHapusMlm bang.numpang tanya ane kalau mangkok kopling bajaj 200dtsi mau ganti pake apa ya soalnya nyari yang ori ga ada
BalasHapusPakek ninja 150
HapusMalam bang ...motor pulsar sy tiba2 koplingnya selip ga jalan walaupun dioper gigi kenapa ya ..apa kopling aus apa ada coplok bagian pengopran gigi terimakasih
BalasHapusMaag bang
BalasHapusPlat kompling saya mau diganti 189ug3
Pake apa y mas
081213932132
Bang kalo motor pulsar 180 ug3 sama ga buka koplingnya pake kunci itu
BalasHapusTerimakasih suhu
BalasHapus