Rabu, 13 Juli 2016

Tips: Cek / Ganti Komstir Pulsar 220

Setelah menempuh medan yang cukup keras, gejala tidak abnormal pun dirasakan oleh Pulpzzof Blackcurrant yaitu kemudi terasa oblak. Langsung empunya mencari sumber oblak, cek velg ternyata aman. Oalah, pasti ini komstir, dan ternyata benar, komstir terkena dampak dari hasil berpetualang di Batu Lonceng, Cibodas, Lembang, baca riding reportnya di sini ya. 

Okaiy, langsung cari informasi biaya penggantian bearing komstir si Pulsar 220 ini. Setelah tanya informasi ke mekanik langganan untuk harga komstir di kisaran 120 ribu rupiah, dan itupun menggunakan subtitusi komstir pulsar 200ns. Jika menggunakan bearing komstir Pulsar 220 bisa mencapai 180rb Rupiah. Searching lagi ke Mbah google untuk harga bearing komstir pulsar 220, namun susah sekali mendapatkan informasi tersebut. Tidak sampai disitu pencarian dilanjutkan ke media sosial, dan informasi pun didapat dari salah satu forum jual beli. Bearing bambu untuk komstir dengan harga kisaran 200 ribu rupiah, menurut informasi di kalim klaim lebih kuat dari bearing yang biasa. Belum lagi untuk biaya pemasangan bearing ini bisa mencapai 100 ribu rupiah, weleh-weleh bisa tekor ini :D

Untuk meminimalisir pengeluaran dana diputuskan untuk memasang sendiri. Langkah pertama adalah dengan memperhatikan si Pulpzzof ini, apa saja yang perlu dibongkar? Ternyata garpu bagian bawah terhalang besi melintang dari bracket fairing, fix harus bongkar fairing ini. Langkah berikutnya adalah membongkar fairing Pulsar 220 ini.Berikut adalah langkah-langkah untuk membuka fairing pulsar 220:
1. Lepaskan Tangki (jangan lupa untuk melepaskan kabel sensor bbm dan selang bbm)
2. Lepaskan dashboard fairing dan visor
3. Lepaskan speedometer ( Untuk melepaskan speedo bisa dengan mencabut kabel bagian bawah atau      dengan memisahkan speedo dengan dashboard)

Setelah faring terbuka kita bisa melanjutkan dengan membongkar komstir, tujuannya hanya untuk cek dulu keadan bearing komstir, sehingga fairing tidak perlu diturunkan dulu atau dilepas dari bodi. Berikut penampakan si Pulpzzof pas lagi di telanjangin, seksi ga? :D
Untuk membuka komstir bagian atas lepaskan segitiga dari garpu. Setelah di cek ternyata bearing bagian atas aman tidak ada kerusakan, hanya saja bearing memang terlihat berkarat. Lanjut cek bagian bawah, dikarenakan bagian bawah memang terhalang oleh bracket fairing, maka kita perlu untuk melepaskan bracketnya terlebih dahulu. Terdapat tiga pasang baut yang menempel pada rangka, yang pertama di bagian belekang dekat dengan tangki, yang kedua di bagian bawah, dan yang ketiga di depan atas. Fairing tidak perlu diturunkan, garpu sudah melorot dengan sendirinya, jangan lupa siapkan penahan rangka ya. Setelah di cek, ternyata bearing komstir bagian bawah pun tidak ada masalah hanya memang terlihat berkarat. Walah mantap sekali keuatan kekuatan bearing si Pulpzzof ini, sudah hampir lima tahun usia si Pulpzzof ini, dan bearing tidak mengalami kerusakan setelah melibas medan yang extreme. Thanks to Pulpzzof karena ga pengen jajan, hehe.

Langkah selanjutnya adalah membersihkan bearingnya, maaf tidak ada dokumentasinya karena belepotan, hehe. Caranya cukup mudah, lepaskan pelor bearing satu persatu lalu semprot dengan anti karat, pasang lagi beres. Jangan lupa untuk mengaplikasikan gemuk atau stempet pada bearing dan komstir.

Sekaligusan bersih-bersih daleman si Pulpzzof. Nah untuk menghilangkan karat, saya menggunakan cairan semprot ini:

Kencangkan kembali baut komstir, tes kiri kanan, ok lancar. Coba pasang segitiga dan pasang stang kemudi, bawa jalan, tes belok kiri kanan, halus teman-teman. Ga ada lagi oblak, belok kiri kanan terasa halus dan ga berat.
Beruntung karena ingin melakukan pemeriksaan sendiri, Pulpzzof ga jadi jajan, dan pengeluaran tak terduga pun terselamatkan, hehe. Sekian tips sederhana dari Pulsar Little Family, semoga bermanfaat. Sampai ketemu lagi di artikel berikutnya ya.

4 komentar:

  1. Betul kang. Biasanya kita check dengan cara seperti itu. Nanti kalau dikencangkan masih oblak, baru ganti bearing. Kalau tidak oblak, dilanjut. Thanks for sharing.

    BalasHapus
  2. Kelas berat ngebongkarnya euy

    BalasHapus
  3. Asli gan lumayan susah jni bingkarnya lerku kesabaran wkwk

    BalasHapus
  4. Kasih info dong..dimana yg jual komstir y?di tempatku Kediri gk ada.thank's

    BalasHapus